Berikan Bantuan yang Terbaik Untuk Mereka yang Membutuhkan (Asbabun Nuzul QS. al-Baqarah (2): 267)

Home » Berikan Bantuan yang Terbaik Untuk Mereka yang Membutuhkan (Asbabun Nuzul QS. al-Baqarah (2): 267)

Manusia sebagai makhluk sosial tentu manusia tidak bisa lepas dari yang namanya hidup rukun dan saling membantu antara satu sama lain. Bantuan ini tentu bisa dalam bentuk apa saja baik bantuan sandang, pangan, tenaga, harta, dan lain sebagainya.

Dalam memberikan bantuan pangan misalnya, sudah menjadi kewajiban bagi seseorang untuk memberikan yang terbaik. Karena kita tahu bersama bahwa pangan atau makanan ini adalah bantuan pokok yang sangat dibutuhkan manusia. Selain itu, makanan juga berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang ditanam di buminya Allah swt.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas keterangan mengenai asbabun nuzul surat al-Baqarah ayat 267 yang tidak lain menjelaskan tentang ketika seseorang memberikan bantuan ataupun sumbangan dari apa yang mereka kerjakan (tanam), maka hendaklah mereka mengeluarkan atau memberikan yang terbaik dari apa yang mereka dapatkan.

Teks Ayat

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَنفِقُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبۡتُمۡ وَمِمَّآ أَخۡرَجۡنَا لَكُم مِّنَ ٱلۡأَرۡضِۖ وَلَا تَيَمَّمُواْ ٱلۡخَبِيثَ مِنۡهُ تُنفِقُونَ وَلَسۡتُم بِ‍َٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغۡمِضُواْ فِيهِۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ ٢٦٧

Yaa ayyuhal ladzziina aamanuu an(g)fiquu min thayyibaati maa kasabtum wa mimmaa akhrajnaa lakum minal ardh, wa laa tayammamul khabiitsa minhu tun(g)fiquuna bi akhidziihi illaa an tughmidhuu fiih(i), wa’lamuu annallaaha ghaniyyun chamiid

Terjemah

“ Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS. al-Baqarah (2): 267)

Asbabun Nuzul Ayat

Dalam suatu riwayat dari al-Barra’ dijelaskan, bahwa turunnya ayat di atas adalah berkenaan dengan adanya kaum Anshar yang mempunyai kebun kurma. Dari kaum Anshar ini ada yang berbuat baik dan ada yang tidak, berkaitan dengan infak dari kebun kurma yang mereka miliki.

Meskipun tetap mengeluarkan infak atau sumbangsihnya berupa kurma, tetapi ada diantara mereka yang mengeluarkan bantuan infak atau sumbangan tersebut dengan memilih kurma-kurmanya terlebih dahulu. Yaitu dipilih yang mempunyai kualitas rendah, jelek atau bahkan tidak layak untuk dimakan.

Dari sini barulah kemudian diserahkan kepada lembaga yang mengelola bantuan infak atau sumbangan kurma tersebut, sehingga dari sebagian bantuan tersebut sudah ada yang memakannya. Dan kemudian turunlah ayat di atas sebagai sebuah teguran atas perbuatan buruk yang mereka lakukan

Dari riwayat yang lain juga disebutkan, dari Ibnu Abi Hatim dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengemukakan bahwa ada sahabat Nabi saw. yang membeli makanan yang murah untuk kemudian disedekahkan. Maka kemudian turunlah ayat di atas sebagai petunjuk kepada mereka agar tidak sembarangan dalam memberikan sesuatu kepada orang lain.

Pelajaran Penting

Dari asbabun nuzul ayat di atas, tentu kita bisa ambil pelajaran bersama yang bermanfaat, antara lain:

  1. Perintah untuk saling membantu atau berinfak antara satu dengan yang lainnya, sebagai wujud makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.
  2. Ketika mengeluarkan suatu bantuan baik itu sandang, pangan, tenaga, harta atau yang lainnya berikanlah yang terbaik.
  3. Jangan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, bantuan yang mempunyai kwalitas buruk dan rendah, dimana diri kita saja tidak mau menerima bantuan tersebut.
  4. Jadikanlah sesuatu yang kita berikan, dan sumbangkan, merupakan salah satu bentuk terima kasih atas nikmat yang Allah swt. berikan kepada kita.
  5. Sungguh Allah swt. adalah Tuhan Yang Maha Kaya lagi Sangat Terpuji.

Semoga dengan membaca materi singkat tentang asbabun nuzul ayat 267 surat al-Baqarah di atas. Bisa membuat kita lebih terlatih untuk senantiasa memberikan sesuatu yang terbaik kepada orang lain yang membutuhkan sesuatu tersebut. Sehingga bisa menjadi tabungan amal perbuatan baik kita … Aamiin yaa robbal ‘aalamiin

Sumber:
Al-Wahidi, Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Ali, Asbaabun Nuzuul al-Qur’an, (Damam: Darul Ishlah), 1992 (dikutip dari software Al-Maktabah al-Syaamilah v.3.48)
Shaleh, Qamaruddin, dkk, Asbabun Nuzul Latar Belakang Historis Turunnya Ayat al–Qur’an, (Bandung : PT. Diponegoro), 1982
Software Al-Qur’an Digital v.2.2
Software Kamus Besar Bahasa Indonesia v1.1

Gambar oleh Gerhard Gellinger dari Pixabay