Belajar Huruf Qolqolah Kubro dan Sughro

Home » Belajar Huruf Qolqolah Kubro dan Sughro

Bacaan Huruf Qolqolah (( قلقلة  

 

http://2.bp.blogspot.com/-Z8ewPJto5Xw/VoHp1JBZljI/AAAAAAAAG3A/gFYljsSugOc/s1600/contoh%2Bqolqolah%2Bsugro%2Bdalam%2Bal%2Bqur%2527an%2B2.png

Membaca al-Qur’an dengan bacaan tajwid yang benar tentu  akan membuat indah bacaan al-Qur’an tersebut serta enak didengarkan oleh telinga. Membaca al-Qur’an sendiri  dalam agama Islam sangatlah dianjurkan. Karena yang demikian itu adalah salah satu ibadah yang utama.

Terlebih lagi ketika seorang muslim bisa mengetahui makna-makna bacaan tersebut dan mengamalkan dalam kesehariannya. Untuk membaca al-Qur’an sendiri tentu tidak lepas dengan yang namanya ilmu tajwid.

Nah, dalam kesempatan ini akan dijelaskan sedikit bagian dari ilmu tajwid itu sendiri, yaitu tentang hukum bacaan huruf qolqolah . Bacaan qolqolah ini patut kita pelajari bersama supaya bacaan huruf-huruf yang lain tetap terjaga dan tetap pada posisinya, tidak tertukar satu sama lain

Hukum Bacaaan huruf Qolqolah (( قلقلة

Arti dari qolqolah sendiri yakni memantulkan. Memantulkan dalam artian huruf qolqolah yang kita baca tersebut berharokat sukun atau terletak di akhir ayat atau bisa juga ketika waqof(berhenti).

Huruf Qolqolah terdiri dari lima huruf, yakni huruf ba’( ب ), jim ( ج ), dal ( د ), tho ( ط ), dan huruf qof ( ق ). Untuk bisa mengingatnya mudah saja, samakan saja semua huruf tadi dengan menyusunnya hingga huruf qolqolah tadi bisa diucapkan menjadi kalimat “ba-ju-di-tho-qo” (baju di thoqo).

Aneka Bacaan Qolqolah

Bacaan qolqolah sendiri juga ada dua macam. Pertama, qolqolah sughro>(قلقلة صغرى) dan yang kedua adalah qolqolah kubro>. (قلقلة كبرى)

Qolqolah Sughro>

Dalam kamus bahasa Arab kata sughro> mempunyai arti kecil. Jadi, yang dimaksud dengan qolqolah sughro> adalah huruf qolqolahyang berharokat sukun asli atau dibaca mati. Tidak dikarenakan berhenti pada waqof atau akhir ayat. Artinya, qolqolah sughro>   ini terletak di pertengahan ayat. 
Adapun cara membaca huruf qolqolah sughro> ini bunyi pantulannya tidaklah begitu kuat. Sehingga huruf qolqolah tersebut terdengar biasa-biasa saja. Beda halnya dengan qolqolah kubro>. Misalnya, seperti pada ayat-ayat berikut ini:
1.      QS. At-Ti>n(95): 4
 لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ فِيٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٖ ٤
Laqod kholaqnal insa>na fi> ah}sani taqwi>m
2.      QS. Al-Qo>ri’ah (101): 3
 وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا ٱلۡقَارِعَةُ ٣
Wa ma> adro>ka mal qo>ri’ah
3.      QS. Al-‘Ashr (103): 3
 ….. وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ ٣
Wa tawa> shoubis shobri

Qolqolah Kubro>

Dari segi bahasa kubro mempunyai arti besar. Pengertian qolqolah kubro> ialah adanya huruf qolqolah yang hidup (asli mempunyai harokat) tetapi membacanya dibaca seperti berharokat sukun. Harokat sukun di sini berfungsi sebagai ganti karena huruf qolqolah tersebut berhenti pada tanda waqofatau terletak pada akhir ayat.

Adapun cara membaca qolqolah kubro> ini adalah dengan memantulkan bunyi huruf qolqolah tersebut dengan lebih kuat dibandingkan dengan qolqolah sughro>. Sehingga bunyi pantulan tersebut terdengar dengan jelas. Misalnya, seperti ayat-ayat berikut ini:

1.      QS. Al-Buru>j (85): 1
وَٱلسَّمَآءِ ذَاتِ ٱلۡبُرُوجِ
Was sama> i dza>til buru>j.
2.      QS. At-Tho>riq (86): 1
وَٱلسَّمَآءِ وَٱلطَّارِقِ
Was sama> i wat tho>riq
3.      QS. Al-Ikhlash (112):1
قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ
Qul huwallo>hu ah}ad
Demikian kajian singkat berkaitan hukum bacaan qolqolah, semoga kita, keluarga kita dansaudara-saudara kita semuanya bisa belajar ilmu tajwid yang berkenaan bacaan qolqolah  ini dengan benar, baik, mudah, dan lancar..Aaamiin. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan