Hadits Tentang Doa Hendak Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Ketika suara adzan selesai dikumandangkan, sebagai seorang muslim tentu itu menjadi sebagai sebuah pertanda bahwa waktu sholat telah datang. Alangkah baiknya, jika kita yang mendengar suara adzan tersebut segera mendatangi masjid untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu secara berjamaah.

Sebagai tempat yang dimuliakan, tentu ketika seseorang akan menginjakkan kakinya untuk masuk ke masjid, tentu ada aturan-aturan atau adab-adab yang harus kita perhatikan. Salah satu diantaranya tentang membaca doa, baik hendak masuk ke masjid ataupun ketika akan keluar dari masjid.

Nah, pada kesempatan kali penulis akan sedikit menerangkan tentang teks hadits yang menjelaskan ketika kita hendak masuk ke masjid ataupun keluar dari masjid sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Lalu bagaimana bunyi hadits yang menjelaskan tentang doa tersebut. Berikut keterangannya.

Hadits Tentang Doa Masuk dan Keluar Masjid

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ، أَو عَنْ أَبِي أُسَيْدٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ، فَلْيَقُلْ : ” اَللّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ، وَإِذَا خَرَجَ، فَلْيَقُلْ: اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ “. (رواه مسلم)

Artinya:

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya, telah mengkhabarkan kepada kami Sulaiman bin Bilal, dari Robi’ah bin Abi Abdurrahman, dari Abdul Malik bin Sa’id dari Abi Humaid atau dari Abu Usaid, berkata: Rasulullah saw. bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah:
اللّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
Alloohummaf tahlii abwaaba rohmatik” (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu).

Dan ketika keluar dari masjid, ucapkanlah:
اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
“Alloohumma innii as-aluka min fadhlik” (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)”

(HR. Muslim, dalam Kitab Sholaatul Musaafiriin wa Qoshruhaa, Bab Maa Yaquulu Idzaa Dakholal Masjid.)

Sebenarnya jika kita mau membuka kitab-kitab hadits yang lainnya, banyak riwayat yang menerangkan tentang hadits mengenai doa masuk dan keluar masjid ini. Untuk teks lafadz doa-nya masih tetap sama, namun ada sedikit perbedaan mengenai penyusunan teks redaksi haditsnya.

Semoga, dengan mengetahui teks hadits tentang doa masuk dan keluar masjid beserta artinya di atas tadi, bisa menjadi pelajaran dan amal bagi kita semuanya. Dan semoga Allah senantiasa memberikan kita rahmat dari banyak arah serta memberikan kita keutamaan dalam mengerjakan sesuatu hal. Semoga bermanfaat..

Walloohu a’lam bis showwaab

Sumber:
Subdit Publikasi Dakwah dan HBI, Kumpulan Doa Sehari-Hari, (Kementerian Agama Republik Indonesia: Direktorat Penerangan Agama Islam), 2013
Software Mausu’ah al-Hadits as-Syariif